Menu Tutup

Sukabumi – Wisuda Tahfidz adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Lembaga Tahsin & Tahfidz al-Qur’an  At-Tartil dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam At-Tartil Sukabumi. Tahun ini, LTQ At-Tartil menggelar Wisuda Tahfidz Al-Qur’an yang ke 5 untuk  angkatan 51 pada senin pagi, 11 Januari 2020. Bertempat di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi. Acara ini diikuti oleh  115 peserta wisuda. Istimewanya, 95 orang peserta terdiri dari usia anak dan dewasa  rentang usia sekitar  7-50 tahun yang sebelumnya hanya terdiri dari usia anak saja. Lebih istimewa lagi  6 peserta diantaranya adalah tuna netra dari SLB A Budi Nurani yang juga merupakan sekolah binaan Attartil dan  selanjutnya sebanyak 20 peserta wisuda tahfidz adalah ustadzah pengajar Attartil.

Selain dihadiri oleh segenap Asatidz dan Ustadzat, seluruh peserta (santri) dan para wali santri,  Acara tersebut juga dihadiri langsung oleh Walikota Sukabumi (H. Achmad Fahmi, S.Ag. M.MPd), yang didampingi oleh sang istri (Fitri Hayati Fahmi), Ketua Yayasan Pendidikan Islam At-Tartil Sukabumi (Ust. Nizamul Fakri dan Usth. Irma Nurmalasari) Kepala DKM Mesjid Baiturrahman Bhayangkara (Bpk. Usep), Kepala SLB A Budi Nurani (Ibu Tanti)), Ketua Baznas Kota Sukabumi  (Ir. H. Fifi Kusumawijaya, M.M), Ust. Hendra Komara serta Enterpreuner Muslim Sukabumi Rumah Qta (Ir. H. Mukhlis Yusuf Kholidi)

Respons para orang tua santri pun sangat antusias menyambut kegiatan tersebut. Selain memberikan dampak positif bagi anak, acara  ini sekaligus memberikan pembelajaran bagi orang tua santri untuk mengajarkan Al Qur’an kepada anak-anaknya. Karena harus diakui, Al Qur’an merupakan sarana pendidikan yang lengkap dan sangat berperan penting dalam membentuk kepribadian, perkembangan peradaban manusia. Semoga kita semua selalu menjadi generasi yang dekat dengan Al Qur’an. Bagi para wali santri, acara ini adalah acara istimewa. Karena ini merupakan moment untuk melihat putra-putrinya menampilkan kemampuan hafalannya, acara ini terasa semakin  emosional dan mengharukan karena pertanggung jawabannya langsung kepada Ilahi Rabbi.

Banyak manfaat yang dapat diambil dari kegiatan wisuda tahfidz Al-Qur’an ini. Hafalan Al-Qur’an mempengaruhi pada kecerdasan intelektual dan kepribadian seorang santriwati inilah mengapa menghafal Al-Qur’an menjadi bagian penting dari kehidupan kita selain menjaga kalamullah, menghafal Al-Qur’an juga memiliki pengaruh terhadap diri seseorang. Ketika nilai-nilai Al-Qur’an ini dijadikan sebagai pedoman hidup dan dijunjung tinggi maka setiap langkah hidup akan membawa kita kearah yang lebih baik.

Harapan dari wisuda tahfidz ini adalah semoga kelak di masa depan mereka para penghafal Al-Qur’an yang akan berperan menjadi penerus bangsa dan menjaga amanah yang mereka emban sehingga di genggaman para generasi Qurani inilah keberkahan dan kemakmuran akan terealisasikan. Aamiin allahuma aamiin

Jazakumullah Khairan Katsiran kepada seluruh pihak yang telah membantu dan menyukseskan acara ini.. sampai jumpa di Wisuda Tahfidz Al-Quran selanjutnya 🙂